Kamis, 12 Maret 2009

tugas TA

Nama : Aditya Wardhani
NIM : 21071223

“Amati bangunan UKDW, apakah substain atau tidak? Jika substain bagaimana? Dan jika tidak substain UKDW seharusnya bagaimana? Amatilah dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu persepsi, waktu, elemen fisik dan aktivitas yang terjadi di bangunan tersebut.”


Setelah melakukan pengamatan, menurut saya bangunan UKDW bisa substain dan bisa juga tidak substain, tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dan menurut saya setiap faktor akan saling mempengaruhi apakah UKDW akan substain atau tidak.
Adapun faktor-faktornya adalah :
Persepsi
Selama UKDW masih dianggap kampus dan tempat bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan perkuliahan, maka menurut saya bangunan UKDW akan sustain. Karena selama persepsi masyarakat yang terbentuk bahwa UKDW adalah kampus, maka mahasiswa akan berkumpul disitu dan keberadaan UKDW akan tetap diakui.
Waktu
Menurut saya, selama orang masih menganggap bahwa UKDW adalah tempat untuk melakukan kegiatan perkuliahan dan tempat berkumpulnya mahasiswa, maka UKDW akan tetap substain walaupun itu adalah berpuluh-puluh tahun kemudian. Namun, ketika orang mulai beranggapan bahwa kampus bukanlah tempat yang baik untuk mahasiswa, maka dengan sendirinya kampus tersebut tidak akan substain walaupun waktunya hanya berselang 1 tahun saja.
Elemen Fisik
Seiring dengan berjalannya waktu pulalah, maka elemen fisik yang ada di suatu bangunan harus diubah agar mengikuti perkembangan jaman. Orang-orang akan lebih tertarik dengan bentuk bangunan kampus yang “lebih modern” dibandingkan dengan bentuk bangunan kampus yang tidak mengalami perubahan setiap tahunnya. Memang tidak adil apabila kita hanya menilai penampilan luarnya saja. Tetapi kita tidak bisa menutup mata bahwa orang akan lebih tertarik dengan packaging yang lebih baik. Sehingga, menurut saya apabila UKDW ingin sustain, maka diperlukan perubahan-perubahan pada elemen fisiknya (dinding, material, eksterior, interior, dll).
Aktivitas
Menurut saya, faktor ini adalah faktor yang paling penting. Karena selama terjadi kegiatan di dalam kampus UKDW, maka orang-orang dengan sendirinya juga akan mengakui bahwa UKDW adalah sebuah kampus dan bangunan UKDW sendiri tersebut akan sustain. Namun, kegiatan yang terjadi di dalam bangunan UKDW juga haruslah merupakan kegiatan perkuliahan. Karena bangunan UKDW sendiri adalah sebuah kampus, yaitu tempat melakukan kegiatan perkuliahan dan berkumpulnya mahasiswa.

1 komentar: