Senin, 30 Maret 2009

revisi tugas TA

Nama : Aditya Wardhani
NIM : 21071223

“Amati bangunan UKDW, apakah sustain atau tidak? Jika sustain bagaimana? Dan jika tidak sustain UKDW seharusnya bagaimana? Amatilah dengan mempertimbangkan beberapa faktor, yaitu persepsi, waktu, elemen fisik dan aktivitas yang terjadi di bangunan tersebut.”


"Sustainable design seeks to reduce negative impacts on the environment, and the health and comfort of building occupants, thereby improving building performance. The basic objectives of sustainability are to reduce consumption of non-renewable resources, minimize waste, and create healthy, productive environments."
(http://www.gsa.gov)
(www.google.com)

Selain itu bangunan dapat tetap sustain apabila ”si pengguna” bangunan tersebut dapat memanfaatkan potensi-potensi yang ada pada bangunan tersebut, karena sedikit banyak keberadaan sebuah bangunan di sebuah lingkungan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan tersebut itu sendiri. Potensi-potensi yang bisa dikembangkan pada bangunan tersebut antara lain adalah mengoptimalkan penggunaan site pada saat membangun, meminimalisasi penggunaan energi yang tidak dapat dipengaruhi, lebih banyak memanfaatkan kekayaan alam, mengoptimalkan penggunaan alat-alat dan melakukan perawatan terhadap bangunan tersebut.
UKDW apakah akan tetap sustain atau tidak akan dipandang melalui beberapa factor, yaitu :
1. Persepsi
Persepsi yang terbentuk di masyarakat tentang UKDW adalah, UKDW adalah sebuah kampus tempat para mahasiswa berkumpul untuk melakukan kegiatan perkuliahan. Selama persepsi masyarakat sekitar masih seperti itu, maka menurut saya UKDW masih dapat sustain di lingkungan sekitarnya, karena masyarakat sekitarnya juga memanfaatkan persepsi tentang UKDW adalah sebuah kampus dengan membuka kost-kostan dan warung makan.
2. Aktivitas
Aktivitas yang selayaknya dilakukan di kampus adalah kegiatan perkuliahan. Namun ada juga beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di kampus yaitu seperti job fair, pameran, seminar,dll. Jadi, apabila masih ada kegiatan yang dilakukan di kampus maka UKDW akan tetap sustain, karena masyarakat masih melakukan aktivitas di kawasan kampus UKDW.
3. Elemen Fisik
Elemen fisik juga mempengaruhi bangunan tersebut akan sustain atau tidak. Karena seiring dengan perkembangan jaman, maka lingkungan di sekitar UKDW pasti juga akan berubah baik fungsi maupun bentuknya. Maka untuk menyesuaikan hal tersebut, UKDW juga perlu memperbaiki elemen fisiknya. Seperti dapat kita lihat, dulu UKDW tidak mempunyai gedung Agape. Namun karena kebutuhan maka gedung Agape dibangun. Elemen fisik yang ada disebuah bangunan dapat berubah bentuk maupun fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, dibutuhkan dinding untuk menyekat sebuah ruangan. Namun suatu saat dinding tesebut akan hilang jika sudah tidak diperlukan lagi.
4. Waktu
Selama orang masih beranggapan bahwa UKDW adalah kampus tempat terjadinya kegiatan perkuliahan dan masih tercipta kegiatan di lingkungan kampus UKDW, maka dengan sendirinya UKDW masih dapat sustain. Karena sustain atau tidaknya sebuah bangunan juga ditentukan oleh masyarakat yang mendiami kawasan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar